Mengenal Batu Safir Putih (White Sapphire)

Mengenal Batu Safir Putih (White Sapphire) – Update kali ini tentang Batu Safir Putih (White Sapphire) salah jenis batu safir yang banyak dicari oleh pecinta Batu Safir. White Sapphire atau Safir putih atau bahasa kerennya ‘ Colourless Synthetic Sappire merupakan salah satu berlian Simulants atau permata yang sengaja dibuat untuk menyerupai berlian. Bahkan permata jenis ini ada yang tanpa warna.
Mengenal Batu Safir Putih (White Sapphire)

Batu Safir Putih (White Sapphire)

Nama
Formula
RI
Densitas/SG
Kekerasan
Diamond C 2,417 3,52 10
White Sappire Al2O3 1,762 -1.770 3,97 9
Moissanite SiC 2,648-2,691 3,2 8,5 – 9,25
Cubic Zirconia ZrO2 2,2 5,7 8,3
Rutile TiO2 2,62 – 2,9 4,25 6
Spinel MgOAl2O3 1,727 3,6 8

Safir putih, sebenarnya mudah dideteksi sebagai berlian imitasi, kenapa? kita perhatikan RI (Refraktif indeks ) atau Indeks bias dari safir ini hanya 1,762 artinya permata ini kurang memancarkan sinar alias “melong” seperti mata ikan yang tak berkedip. Bandingkan dengan RI dari Diamond atau Moissanite, kelihatan jauh bukan?

kekerasan Safir dalam skala Mohs juga hanya 9 jadi lebih mudah tergores jika diuji dengan jarum uji berlian. Jadi agar kita tidak tertipu harus kenali semua jenis permata yang mirip berlian (Simulant)

Tips Membeli Batu Safir Putih (White Sapphire) Asli

  1. Lihat pancaran sinar / Disversion, berlian sangat berkilau. Bila permata yang mempunyai Cutting bagus namun kurang bersinar atau “melong” patut diwaspadai bukan berlian. Cara yang paling mudah adalah dengan meletakan permata yang akan diuji diatas kertas koran, jika tulisan terlihat jelas sudah pasti itu bukan berlian ( sedangkan kalau tulisan tidak terlihat belum tentu berlian) Perhatikan, semakin tinggi indek bias semakin bagus sinarnya
  2. Jangan Percaya 100% dengan Diamond Selector, diamond selector bekerja berdasarkan daya hantar panas, Banyak permata yang daya hantar panasnya mendekati berlian. Misalnya Synthetic Moissanite.
  3. Kombinasikan pemeriksaan secara Visual (seperti point 1) dengan pemeriksaan dengan diamond selector untuk mengurangi Resiko.
  4. Alat yang paling tepat dan akurat adalah dengan jarum Uji berlian, jadi gunakan jarum uji berlian dalam menguji keaslian.

Demikianlah penjelasan singkat Mengenal Batu Safir Putih (White Sapphire), semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga Batu Permata Blue Safir Terbaik.

Kata Kunci :

ciri batu safir putih,ciri batu safir putih asli,ciri batu sapir puti yg asli,ciri ciri safir putih,whete sapir